Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

ANALISIS KEBUTUHAN HARDWARE DAN SOFTWARE JARINGAN KOMPUTER PADA WARNET

ANALISIS KEBUTUHAN HARDWARE DAN SOFTWARE JARINGAN KOMPUTER PADA WARNET

 Yang dinamakan WARNET pasti membutuhkn hardwere dan softwere pada komputer dan terdapat beberapa hal yang di butuhkan warnet untuk membuat sistem jaringan komputer,antara lain


yaitu  :
 
   1.      HARDWARE(Perangkat Keras)
    Komputer
 
         yang pertaman yang di butuhkan sebuah warnet yaitu komputer dimana sebuah komputer amatlah penting,komputer yang di gunakan yaitu komputer server dan sebagian beberapa komputer untuk client.
dimana komputer server banyak digunakan untuk berbagai fungsi misalanya sebagai webserver,ftp server,Tetapi fungsi utama dari server adalah mengatur komunikasi data antara sesama client Baik pada file sharing ataupun pembagian koneksi internet.komputer client hampir sama dengan server, jika komputer client tidak ada maka secara keseluruhan jaringan komputer tidak akan lengkap.jadi kedua komputer server dan clien amat penting.agar bisa terhubung ke internet di butuhkan sebuah koneksi melalui jasa ISP ( Internet Service Provider ).
    Kabel UTP dan RJ45 & Kabel fiber optik

        salah satu Perangkat keras jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan perangkat keras lainnya, misalnya menghubungkan modem – NIC atau pun ke server, atau menghubungkan semua perangkat keras jaringan yang ada. dan FO atau fiber optic fungsinya sama dengan kabel UTP tetapi mempunyai tujuan yang sedikit berbeda. Fiber optic mampu melewatkan data sekitar 100 Mbps sesuatu hal yang tidak bisa dilakukan oleh kabel UTP, tetapi biaya pemasanganya terbilang mahal.




  
Modem 

           kebanyak modem digunakan sebagai penerima data dari luar jaringan, cara kerja modem (Modulation demodulation) adalah mengubah sinyal analog jadi digital atau sebaliknya. Sebagai contoh penggunaan modem adalah modem ADSL pada telkom speedy yang digunakan untuk terhubung ke HUB internasional melalui perantara jaringan telkom. Atau modem VSAT, modem portable seperti pada modem GSM dan sebagainya. penggunaan modem selalu merunut pada jenis koneksi yang digunakan, jika menggunakan jaringan VSAT harus menggunakan modem yang support dengan jaringan itu, begitu juga jika menggunakan jaringan ADSL dan sebagainya.

 HUB or switch


         HUb juga di perlukan dimanat  alat perangkat keras jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan perangkat keras lainnya melalu kabel UTP atau lainnya.
 
      


        
  2.  SOFTWARE
  
       Software yaitu sebuah program yang  mengatur dan mengelola sebuah jaringan secara keseluruhan. Termasuk di dalamnya sistem operasi jaringan yang berfungsi sebagai pengatur komunikasi data dan periferal dalam jaringan.di software terdapat
  Sistem oprasi
 Sistem oprasi yang di gunakan sebaiknya harus sama dan untuk servernya di gunakan sistem operasi khusus  server "untuk client adalah Microsoft windows XP atau untuk server Windows Server 2003".
    
   Web browser 
  adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuka sebuah website dan melakukan aktifitas berinternet lain
Download Manager,
Download Manager, merupakan aplikasi yang digunakan untuk membantu proses download
    Billing
       sebuah aplikasi yang dipakai untuk membantu admin dalam melakukan perhitungan waktu dan biaya serta digunakan untuk membuat laporan keuangan dan laporan data karyawan pada warnet, selain itu juga billing digunakan untuk memanajemen client memberikan penomoran pada client.

Bandwitch limiter
 Bandwitch limiter digunakan untuk mengatur bandwitch yang diberikan pada tiap client agar merata
      
 Jaringan Komputer inipun menggunakan torpologi star seperti gambar di bawah ini :
 
Dan ada juga kelebihan dan kekurangan torpologi star yaitu
Kelebihan Dari Topolog Star
Kelebihan dari Topologi star yaitu dengan adanya suatu kabel tersendiri untuk ke server, maka dalam jalur kominikasi dalam kabel akan semakin besar sehingga akan meningkatkan kerja jaringan secara keseluruhan. Dan juga bila terjadi gangguan di suatu jalur kabel maka gangguan itu hanya terjadi dalam komunikasi antara workstation yang bersangkutan dengan server, dan jaringan secara keseluruhan tidak mengalami gangguan.
Kekurangan Dari Topologi Star
kekurangna dari Topolog Star adalah Kebutuhan kabel yuang lebih besar dibandingkan dengan Topologi yang lain.dan jika node tengah mengalami kerusakan maka seluruh rangkaian akan terhenti dan boros juga dalam pemakain kabel nya.jaringannya pun tergantung kepada terminal pusat. 
 
Terimakasih Telah berkunjung 
 
Happy Blogging Guys 
Terima kasih telah membaca artikel tentang ANALISIS KEBUTUHAN HARDWARE DAN SOFTWARE JARINGAN KOMPUTER PADA WARNET di blog Materi Pembelajaran jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com